Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 4 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Metode Tartil Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Di Mtsn 04 Lima Puluh Kota

Osriza Wenni (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Arman Husni (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Salmi Wati (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Junaidi Junaidi (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti dengan guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist serta dengan beberapa siswa di MTsN 4 Lima Puluh Kota yang menunjukkan bahwasanya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa masih tergolong rendah. Untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an diterapkan suatu metode dalam membaca Al-Qur’an, yaitu metode tartil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode tartil untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa di MTsN 4 Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ekperimen dengan pendekatan pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest. Sampel penelitiannya yaitu kelas VIII.4 sebanyak 20 orang siswa, dengan teknik purpose sampling, pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan dari nilai kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu praktik sesuai dengan indikator kemampuan membaca Al-Qur’an. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis standar deviasi dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Tartil berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan membandingkan besarnya t hitung dengan t tabel. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari penelitian yang diperoleh hasil hipotesis dengan uji-t, ttabel (tt) sebesar 3,9 dan thitung (t0) sebesar 20,56. Maka t0 > tt sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tartil berpengaruh dalam membaca Al-Qur’an sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa. Kata Kunci : Metode Tartil, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...