Penelitian ini mengkaji perkembangan bahasa anak usia dini di TK Pembina Medan. Untuk mengetahui perkembangan bahasa pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Medan melalui kegiatan mengenal rasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (Field Research)dengan metode strategi subjektif dengan prosedur pengumpulan informasi melalui observasi siswa dan wawancara kepala sekolah dan guru, serta melakukan observasi dan dokumentasi di TK Negeri Pembina Medan. Teknik yang digunakan ialah kualitatif yaitu pengumpulan data melalui Teknik observasi, wawancara, dan juga analisis Prosedur penyelidikan informasi diselesaikan dengan mengumpulkan informasi, mengurangi informasi, memperkenalkan informasi dan kemudian mencapai keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru mengenai perkembangan bahasa anak di TK Negeri Pembina sebelum dilakukan kegiatan mengenal rasa, masih banyak anak yang belum mengenal macam-macam rasa. Kemudian setelah kegiatan mengenal rasa, kurang lebih 98% anak mampu mengenali rasa dari bahan-bahan yang telah diberikan oleh guru. Bahan yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain: gula, garam, kopi, saos dan lemon. Dampak positif dari dilakukannya kegiatan ini adalah mengenalkan anak pada berbagai macam rasa dengan cara yang menyenangkan dan tidak monoton serta anak mampu menceritakan kembali apa yang dirasakannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023