Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2023

Profil Berpikir Mahasiswa Calon Guru dalam Mengajukan Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Empirik di Tinjau Dari Gaya Belajar

Sudarsono Sudarsono (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Gaya belajar memberikan kebiasaan dan dapat mempengaruhi pemrosesan informasi dalam berpikir. Jurnal ini membahas profil berpikir mahasiswa calon guru berdasarkan taksonomi empirik dengan gaya belajar visual, audiotori dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian ini dipilih berdasarkann gaya belajar, tidak melihat kemampuan matematika secara spesifik. Namun, aspek akademis ketiga subjek penelitian ini dipilih yang memiliki rata-rata kemampuan matematika yang sama yaitu kurang lebih IPK 3,5 berdasarkan dokumen nilai IPK dan lancar dalam berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat tugas yang diberikan, subjek visual mengatakan bahwa urutan tugas yang mudah ke tugas yang sulit adalah tugas translating, selecting, comprehending, editing. Subjek audiotori mengatakan bahwa urutan tugas yang mudah ke tugas yang sulit adalah tugas selecting, translating, comprehending, editing. Subjek kinestetik mengatakan bahwa urutan tugas yang mudah ke tugas yang sulit adalah tugas translating, selecting, editing, comprehending.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...