Global Education Journal
Vol. 1 No. 3 (2023): Global Education Journal (GEJ)

Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Pada Materi Simbol Dan Makna Sila Pancasila Di Sdn Babadan 1

Manjorang, Anggi Franscisca Br (Unknown)
Malaikosa, Yes Matheos Lasarus (Unknown)
Sasomo, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Proses pembelajaran yang baik merupakan faktor pendorong keberhasilan pendidikan. Dalam proses pembelajaran aktivitas siswa diperlukan agar pembelajaran menjadi interaktif. Namun kenyataannya guru masih mendominasi dalam proses pembelajaran dan kurang melibatkan siwa serta guru belum menggunakan media pembelajaran. Sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada materi simbol dan makna sila pancasila. Penelitian dilaksanakan di SDN Babadan 1 Paron. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experiment design one group pretest-posstest. Sampel dalam penelitian ini sampel jenuh sebanyak 22 responden. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan rumus kolmogrov-smirnov dan dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dari sampel yang sama. Kriteria data berdistribusi normal dengan taraf signifikan 5% (0,05). Pengujian hipotesis dengan menggunakan paired one sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan dapat diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 10,916 > 2.074 (0.05/2) Sehingga terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi simbol dan makna sila Pancasila di SDN Babadan 1 Paron.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gej

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Global Education Journal (GEJ) (P-ISSN 2987-5218|& E- ISSN 2986-6529) is a blind peer-reviewed journal published by Civiliza Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of education (See Focus and Scope). ...