Global Education Journal
Vol. 1 No. 1 (2023): Global Education Journal (GEJ)

Analisis Pembinaan Prestasi Non Akademik Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah 1 Ngawi

Kharimah, Masitoh Nur (Unknown)
Zahrotin, Anis (Unknown)
Malaikosa, Yes Mathoes Lasarus (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai tiga tujuan utama: pertama, untuk memahami bagaimana SD Muhammadiyah 1 Ngawi mencapai pengembangan prestasi non-akademik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kedua, untuk mengetahui bagaimana pengembangan prestasi non akademik siswa dapat dicapai dalam kegiatan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Ketiga, mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi siswa SD Muhammadiyah 1 Ngawi dalam mengembangkan prestasi non-akademik pada kegiatan ekstrakurikuler dan mengusulkan solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Responden penelitian ini adalah guru bidang kesiswaan, pengawas ekstrakurikuler serta siswa kelas IV dan V SD Muhammadiyah 1 Ngawi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data Miles dan Huberman untuk analisis kualitatif, meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, kesimpulan terkait perencanaan, pelaksanaan, serta hambatan dan solusi pengembangan prestasi non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, merencanakan secara matang pengembangan kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi non-akademik siswa, termasuk merancang program pelatihan, menyiapkan materi, dan menyediakan peralatan sesuai kebutuhan ekstrakurikuler. Kedua, pelaksanaan pelatihan prestasi non-akademik pada kegiatan ekstrakurikuler siswa berjalan lancar, sesuai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi rencana pelatihan. Ketiga, beberapa hambatan yang teridentifikasi antara lain kurangnya disiplin waktu pada sebagian siswa dan kendala cuaca yang dapat menyebabkan tertundanya pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gej

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Global Education Journal (GEJ) (P-ISSN 2987-5218|& E- ISSN 2986-6529) is a blind peer-reviewed journal published by Civiliza Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of education (See Focus and Scope). ...