Tercapainya tujuan pembelajaran tidak terlepas dari adanya media yang dapat menunjang pembelajaran. Proses pembelajaran khususnya pada keterampilan membaca siswa di SDN Wonoketo 1 belum pernah menggunakan media. Sehingga keterampilan membaca siswa kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Pop-Up Book terhadap kemampuan membaca siswa kelas I. Penelitian dilaksanakan di SDN Wonokerto 1 Kecamatan Kedunggalar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre Experimental. Desain One-Group Pretest-Posttest. Populasi adalah siswa kelas semua siswa SDN Wonokerto 1. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling artinya pengambilan sampel sesuai kebutuhan atau kriteria peneliti. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Jenis observasi adalah observasi partisipan. Tes membaca dengan bentuk tes lisan. Teknik tes merupakan teknik pengumpulan data primer. Analisis data beberapa uji, yaitu uji coba instrumen tes, homogenitas, normalitas, t-test dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas I. Ditunjukkan oleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,0001 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan dapat sehingga dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Perhitungan N-gain diperoleh 0,47 yang termasuk dalam kriteria sedang (0,3 < g > 0,7) atau efektif. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pop-up book efektif terhadap keterampilan membaca siswa kelas I.
Copyrights © 2023