Global Education Journal
Vol. 1 No. 2 (2023): Global Education Journal (GEJ)

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Purworejo 01

Wulandari, Silvia (Unknown)
Malaikosa, Yes Matheos Lasarus (Unknown)
Zahrotin, Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2023

Abstract

Proses pembelajaran merupakan faktor pendorong keberhasilan pendidikan. Aktivitas siswa sangat diperlukan agar suasana kelas menjadi hidup. Namun kenyataannya guru kurang melibatkan siswa dalam prosesnya serta belum menggunakan alat peraga dalam prosesnya. Sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas II di SDN Purworejo 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre-experiment design dengan menggunakan design one pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Purworejo 01. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 16 responden. Uji prasyarat yang dilakukan ialah uji normalitas dengan menggunakan rumus kolmograv-smirnov. Kriteria data berdistribusi normal dengan taraf signifikan 5% (0,05). Pengujian hipotesis dengan menggunakan one sampel t-test.Tenik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga bangun ruang terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji paired sampel t-test dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 dan dapat diketahui bahwa thitung ˃ttabel yaitu 19,000 > 2,101 (0.05/2). Sehingga terdapat pengaruh penggunaan alat peraga bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN Purworejo 01.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gej

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Global Education Journal (GEJ) (P-ISSN 2987-5218|& E- ISSN 2986-6529) is a blind peer-reviewed journal published by Civiliza Publishing, Indonesia. This journal publishes research articles, conceptual articles, field study reports and book reviews on all scopes of education (See Focus and Scope). ...