Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN ANDRAGOGI TRAINER DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DI UNIVERSITAS

Sandra Ivonnie Telussa (Universitas Pattimura Ambon)
Trisna Rukhmana (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)
Mohammad Iskandar Dzulkurnain (Universitas PGRI Yogyakarta)
Rian Novita (Universitas Adiwangsa Jambi)
Djuniawan Karna Djaja (Universitas Gunung Kidul)
Olivia Tahalele (Universitas Pattimura Ambon)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara penggunaan pendekatan andragogi trainer dengan motivasi belajar peserta pelatihan public speaking di lingkungan universitas. Pendekatan andragogi trainer mengacu pada strategi pembelajaran yang berfokus pada karakteristik dan kebutuhan peserta dewasa, sementara motivasi belajar menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada peserta pelatihan public speaking di beberapa universitas. Kuesioner ini mengukur pengalaman penggunaan pendekatan andragogi trainer oleh instruktur pelatihan serta tingkat motivasi belajar peserta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik seperti korelasi dan regresi untuk menentukan apakah terdapat hubungan signifikan antara pendekatan andragogi trainer dan motivasi belajar peserta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana penggunaan pendekatan andragogi trainer dapat memengaruhi motivasi belajar peserta pelatihan public speaking di lingkungan universitas. Implikasi dari hasil ini dapat berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk peserta dewasa, khususnya dalam konteks pelatihan berbicara di depan umum. Penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam menggali faktor-faktor lain yang memengaruhi motivasi belajar peserta dewasa dalam konteks pendidikan tinggiTop of Form.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...