Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat

Pembekalan Penggunaan Media Pembelajaran Discord dalam Pembelajaran Daring untuk Guru Sejarah SMA Fatahillah

Nur Fajar Absor (Unknown)
Khairul Tri Anjani (Universitas Indraprasta PGRI)
Darmawan Rahmadi (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Di saat situasi dan kondisi pandemi Covid-19, menuntut guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi pada pembelajaran daring. Akan tetapi, permasalahan yang muncul adalah beberapa pendidik masih kurang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajaran, akibatnya kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan kurang efektif dan menimbulkan kebosanan serta menurunnya minat atau motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran yang mereka pelajari, tidak terkecuali pada pembelajaran sejarah. Hal serupa terjadi di SMA Fatahillah Jakarta. Oleh karena itu, agar pembelajaran sejarah menarik minat dan motivasi belajar peserta didik, maka salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan adalah Discord. Adapun, target rencana bagi guru sejarah adalah memberikan pembekalan tentang media pembelajaran sejarah berupa media pembelajaran yang efektif dan bisa berdampak bagi peserta didiknya. Metode pelaksanaan yang diterapkan dalam kegiatan ini ialah dengan menerapkan metode ceramah dengan mengulas studi kasus yang ada di sekolah. Hasilnya pembekalan penggunaan media pembelajaran Discord dalam pembelajaran daring untuk guru sejarah di SMA Fatahillah Jakarta berlangsung dengan baik dan dapat dijadikan salah satu referensi media pembelajaran bagi pendidik dalam pembelajaran di masa daring dan juga dapat meningkatkan minat atau motivasi peserta didik terhadap pembelajaran sejarah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and ...