Jurnal Wahana Pendidikan
Vol 10, No 2 (2023): Agustus

Pengembangan Model Project Based Learning Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Pada Konsep Sel

Indriani, Ratna (Unknown)
Wahidin, Wahidin (Unknown)
Arip, Asep Ginanjar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya peningkatan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa dari pengembangan model project based learning berbantuan augmented reality. Metode penelitian dengan model pengembangan ADDIE dan jenis penelitian research and development. Hasil penelitian menunjukkan untuk KPS rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 49,9 dan rata-rata nilai posttest 80,5 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest 48,7 dan rata-rata nilai posttest 60 dan untuk sikap ilmiah rata-rata nilai pretest eksperimen 60 posttestnya 86,9 sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pretest 58,9 posttesnya 81.  Dilanjutkan dengan analisis uji t dan diperoleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, sehingga disimpulkan bahwa pengembangan model PjBL berbantuan AR dapat meningkatkan KPS  dan sikap ilmiah peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jwp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Wahana Pendidikan merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang memuat artikel penelitian (research article) di bidang pengembangan proses pembelajaran, praktikum, pengembangan bahan ajar, peningkatan kompetensi guru, dan pengembangan manajemen sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan diterbitkan secara ...