AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 3 (2023)

ANALISIS BIBLIOMETRIK LITERASI MATEMATIKA DALAM DATABASE SCOPUS MENGGUNAKAN VOSVIEWER

Mahmudin Mahmudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatang Herman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Edi Supriyadi (Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung)
Ratu Sarah Fauziah Iskandar (Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Rani Sugiarni (Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pemetaan bibliometrik penelitian literasi matematika pada database Scopus menggunakan VOSviewer. Data yang diperoleh terkait dengan kata kunci “mathematical literacy” atau “mathematics literacy”tanpa batas waktu dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2022 dengan total 171 dokumen yang relevan dengan 52 item dan 1091 link yang terbagi dalam tiga cluster. Hasil kajian menunjukkan bahwa jumlah publikasi terkait penelitian meningkat setiap tahun hingga tahun 2022. Dari tahun 2005 hingga 2010, peningkatan jumlah publikasi tidak berbeda nyata yang ditunjukkan dengan kurva datar. Kemudian, kurva meningkat tajam dari tahun 2012 ke tahun 2019, menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 1 menjadi 26 artikel yang diterbitkan. Namun, dari tahun 2019 hingga 2022, jumlah artikel yang diterbitkan menurun drastis dari 26 artikel menjadi 13 artikel. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian tentang literasi matematika masih berpotensi untuk meningkatkan publikasi pada tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...