Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2023): Desember

PERSEPSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN HUTAN MANGROVE CENTER KARIANGAU GRAHA INDAH BALIKPAPAN

Suriansyah, Suriansyah (Unknown)
Makmun, Makmun (Unknown)
Juwari, Juwari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan, mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat terhadap pengelolaan Hutan Mangrove Center Kariangau Graha Indah Balikpapan Jenis penelitian ini bersifat diskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi dan membagikan kuesioner kepada Masyarakat dan analisis datanya menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman masyarakat terhadap lokasi Hutan Mangrove adalah 74,32%. pemahaman masyarakat terhadap pemanfaatan hutan mangrove 72.97%. Tingkat keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan hutan mangrove 59,46 %. Jenis keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan hutan mangrove 56.76%. Mangrove Center Kariangau Graha Indah Balikpapan menginginkan agar dalam pengelolaan yaitu masyarakat yang terlibat langsung dalam memanfaatkan sumberdaya hutan mangrove, aparat pemerintah, pengusaha dan lembaga swadaya masyarakat. untuk pengelolaan lingkungan oleh masyarakat Partisipasi tingkat keterlibatan dan jenis keterlibatan yang diinginkan oleh masyarakat pesisir di Mangrove Center Kariangau di Graha Indah adalah keterlibatan langsung mereka dalam pengelolaan hutan mangrove mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan pengawasan / pelestarian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ls

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan masyarakat adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian tentang isu impelementasi Corporate Social Responsibility kaitannya dengan peningkatan kapasitas masyarakat, Pendidikan Nonformal, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pendidikan Masyarakat ...