Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 7 No. 2 (2023)

Pengembangan Bahan Ajar Bimbingan Karier Berbasis Aplikasi Canva Untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Karangan

Pertiwi, Esti Indyah (Unknown)
Degeng, I Nyoman Sudana (Unknown)
Rusmawati, Retno Danu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu Bahan Ajar sebagai sumber informasi yang menarik dengan materi Bimbingan Karier sehingga dapat meningkatkan karier dan studi lanjut bagi peserta didik Kelas X SMAN 1 Karangan. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar interaktif ini adalah model ADDIE. Pemilihan model ini didasari atas pertimbangan bahwa model ini mudah untuk dipahami, dikembangkan secara sistematis, dan berpijak pada landasan teoritis desain pembelajaran yang dikembangkan. Model ini disusun secara terprogram dengan kegiatan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan media belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa Model ini terdiri dari lima fase atau tahap utama, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Proses pengembangan melibatkan ahli isi/materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran untuk memberikan tanggapan dan masukan perbaikan. Selain itu juga guru Bimbingan Konseling dan peserta didik Kelas X SMAN 1 Karangan sebagai pengguna Bahan Ajar ini juga memberikan tanggapan dan masukannya. Hasil penelitian pengembangan ini adalah Produk Buku yang memiliki tingkat kelayakan materi, kelayakan desain pembelajaran, dan kelayakan media pembelajaran. Sedangkan tingkat uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dengan kualifikasi sangat layak dan tidak perlu direvisi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...