Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023)

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (MPBM) terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita ”Bencana Alam” Siswa Madrasah

Perta, Jaya Nasa (Unknown)
Tressyalina, Tressyalina (Unknown)
Thahar, Harris Effendi (Unknown)
Abdurrahman, Abdurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (MPBM) dan minat baca terhadap keterampilan menulis teks berita “bencana alam” siswa kelas VIII MTsN 1 Pasaman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Pasaman yang berjumlah 235 orang siswa.  Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas VIII.7 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data minat baca dilakukan dengan angket dan pengumpulan data menulis teks berita “bencana alam” digunakan tes unjuk kerja. Analisis dan pembahasan data dilakukan secara deskriptif-analisis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan empat hal sebagai berikut. Keterampilan menulis teks berita “bencana alam” siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (MPBM) lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional, dengan perbandingan rata-rata kedua kelas, yaitu 82,85 dan 75,59

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...