Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 5 (2023)

Model Multilidi sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Muhammad Japar (Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Jakarta)
Heni Rita Susila (Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja)
Hendra Alfani (Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja)
Siti Muyaroah (Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja)
Hermanto Hermanto (Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta)
Bagas May Sangaji (Ilmu Komunikasi, Universitas Baturaja)
Shandy Fajar Ilhamsyah (Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengembangkan Model Pendidikan Multikultural berbasis Digital Literasi untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa. Pendekatan penelitian menggunakan Research and Development (RD). Ada tiga tahapan dalam penelitian ini: Tahapan pertama, pra pengembangan meliputi: 1) tinjauan literatur mencakup analisis kebutuhan, 2) perencanaan produk. Tahapan kedua, pengembangan draft dengan melakukan uji coba produk, dan perbaikan melalui: (a) uji validasi pakar, (b) uji uji terbatas dan (c) uji lapangan.  Tahapan ketiga implementasi uji Model multilidi sebagai penguatan profil pelajar pancasila. Pada proses pengembangan model, peneitian ini menghasilkan model multilidi dengan sintaks lesson instruction, organize learning, eksploration, closure dan evaluation.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...