Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 5 (2023)

Inovasi Pembelajaran PAI bagi Anak Usia Dini berdasarkan Nilai Pendidikan Finlandia menurut Timothy D. Walker

Krisna Wijaya (Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor)
Mhd Miftachuddin Rasyid Nasution (Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor)
Muhammad Affan Wahyudi al-Fattah (Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor)
Umrodi Umrodi (Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor)
Jaziela Huwaida (Pendidikan Agama Islam, Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Pelajaran PAI sering menjadi pelajaran yang dianggap membosankan karena model metode konvensioal yang telah menjadi budaya di dalamnya. Penelitian ini berfokus untuk menguraikan konsep pendidikan di Finalndia berdasarkan kacamata Timothy D. Walker dan menerapkannya pada pelajaran PAI bagi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan data-data primer dapat ditemukan melalui buku, majalah, dan jurnal yang tersedia secara online ataupun offline. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan teori Milles dan Huberman dalam tahap mengumpulkan, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari penelitian. hasil dari penelitian ini didapati bahwa dalam asas kesejahteraan peserta didik, inovasi dilakukan dalam aspek tempat duduk di kelas, menyederhanakan tempelan di dinding-dinding kelas, mengkreasikan bentuk PR, melakukan kegiatan brain breaks, dan memperluas makna ruang kelas. pada asas hubungan seorang guru dengan murid, inovasi dalam hal formasi guru PAI dan hubungan guru dan murid. Adapun asas terakhir adalah inovasi pembelajaran berdasar prinsip kecerdasan majemuk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...