Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 2 No. 4 (2023): November

Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Program Bimbingan Belajar pada Siswa SD Kristen Upunyor

Sigit Sugiarto (PSDKU Universitas Pattimura)
Lestari Lestari (PSDKU Universitas Pattimura)
Fransheine Rumtutuly (PSDKU Universitas Pattimura)
Sitti Fatimah Kamaruddin (PSDKU Universitas Pattimura)
Ratnah Kurniati MA (PSDKU Universitas Pattimura)
Engrith Grafelia Leunupun (PSDKU Universitas Pattimura)
Ingelia Maupula (PSDKU Universitas Pattimura)
Dorci Loimalitna (PSDKU Universitas Pattimura)
Gebiana Hgairtety (PSDKU Universitas Pattimura)
Debi Nyawikuhy (PSDKU Universitas Pattimura)
Jois Damarce Tahanora (PSDKU Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Berdasarkan hasil obsesvasi awal yang dilakukan oleh mahasiswa KKN, diperoleh bahwa hasil belajar siswa SD Kristen Upunyor masih tergolong rendah. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Dusun Upunyor berinisiatif untuk mengadakan program bimbingan belajar kepada siswa SD Kristen Upunyor. Bimbingan belajar ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan penguatan kepada siswa terkait materi pada mata pelajaran Matematika. Sehingga dapat berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD Kristen Upunyor. Kegiatan PKM berupa bimbingan belajar ini dilaksanakan di Balai Dusun Upunyor pada hari Senin, tanggal 07 Agustus 2023 pukul 17.00 – 19.00 WIT. Berdasarkan hasil analisis terhadap hasil pre-test dan post-test, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada materi Bilangan Bulat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Kristen Upunyor pada mata pelajaran Matematika materi Bilangan Bulat. Oleh karena itu, penting untuk diadakan program bimbingan belajar bagi siswa di luar jam pelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...