Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains
Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains

Pengaruh Aktifitas Kelas terhadap Kepedulian Sosial Siswa MTs Al-Ma’arif 02 Singosari Malang

Ratnasari, Dewi (Unknown)
Saputra, Dedi (Unknown)
Kurniawan, Sandi (Unknown)
Mahbuubah, Nabiilatul (Unknown)
Aziz, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas kelas memiliki perngaruh terhadap kepedulian sosial siswa. Metode Penelitian digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penelitian ini menemukan bahwa hasil normalitas nilai signifikansi sebesar 0,000 berarti yang dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi normal serta hasil daripada linearisasi nilai signifikansi menunjukkan 0,075 Maka dapat disampaikan data tersebut linear. Pada pengujian terhadap Hipotesis berupa uji regresi simultan dan uji regresi parsial terdapat hasil yang menyatakan pengaruh aktifitas kelas terhadap kepedulian sosial siswa. Pada uji regresi parsial ini terdapat enam indikator berupa 1) peraturan kelas, 2) dukungan siswa, 3) keterlibatan siswa, 4) pembelajaran positif, 5) peranan guru dan, 6) manajemen kelas. Berdasarkan uji regresi simultan dan uji regresi parsial terdapat hasil yang menyatakan adanya pengaruh aktifitas kelas terhadap kepedulian sosial siswa. Pada uji regresi parsial dari enam indikator dengan hasil pembelajaran positif merupakan pengaruh sebesar 16,5% Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran positif merupakan pengaruh yang dominan terhadap kepedulian sosial siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

intelektualita

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains (Intelektualita Journal: Islamic, Social, and Science Studies) (ISSN: 2303 - 2952 ; e-ISSN: 2622-8491) is a journal published by Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Published articles ...