Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol. 11 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA

Agum Taufan (a:1:{s:5:"en_US"
s:18:"Universitas Jember"
})

Sri Astutik (Unknown)
Muhammad Asyroful Mujib (Unknown)
Elan Artono Nurdin (Unknown)
Bejo Apriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Pengembangan e-modul dilakukan untuk menjadi salah satu bahan ajar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap pengembangan e-modul interaktif berbasis aplikasi canva pada materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan Planning, Production, and Evaluation (PPE). Teknik analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian yaitu produk e-modul sudah dibuat menggunakan aplikasi canva dan divalidasi oleh ahli bahan ajar, ahli materi, sert[1]a praktisi pembelajaran dengan nilai ratarata 94,4% kategori sangat baik dan layak diujicobakan. Uji respon siswa dilakukan dalam dua kelas yaitu uji coba kelas kecil dengan hasil 91,7 dan uji coba kelas besar memiliki hasil 90,3 dengn kategori keduanya termasuk dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...