Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis persuasif pada siswa kelas VIII SMP. Membantu mengembangkan keterampilan menulis yang dimilik isetiap siswa agar mampu menuangkan tulisan dalambentuk karangan yang bersifat mengajak, menghimbau atau mempengaruhis etiap pembaca. Penelitian ini merupaka npenelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Labuhan Badas,menggunakan metode resitasi atau penugasan. Subje kpenelitian ini adalah siswa kelas VIII-B yang terdiri atas 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklusterdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan cara kolaboratif antara peneliti dengan guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Labuhan Badas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi yang menggunakan lemba rpengamatan dan tes penilaian keterampilan menulis dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilihat dari analisis data proses dan analisis data produk. Hasil penelitian ini yaitu implementasi dan peningkatan hasil belajar yaitu(1) pada siklus I keaktifan siswas ebesar 71% (cukup aktif) sedangkan guru 79% (cukup aktif) untuk keterampilan siswa sebesar81,25% (sangat baik). (2) pada siklus II keaktifan siswa sangat aktif sebesar 86%, guru juga sudah aktif 88,8%, dan untuk keterampilan 90,15% (sangat baik).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023