Jurnal Edukasi
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Edukasi

Pengaruh Pendekatan Science Environment Techonology and Society (SETS) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan

Cici Nurohmawati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Ading Pramadi (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Sri Maryanti (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SETS terhadap keteramppilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Metode ini digunakan untuk menganalisis ada atau tidaknya pengaruh suatu perlakuan melalui sebuah eksperimen dengan desain penelitian non-equlivalent control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah instrument  soal pre-test dn post-test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII  MTS Swasta di Kota Bandung dengan jumlah orang 60  orang.  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa berdasarkan uji N-Gain nilai kelas  yang menggunakan pendekatan SETS  sebesar 0,35 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,14 dengan kategori rendah. Hal ini menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga dapat disimpukan bawa terdapat perbedaan yang signifikan antara  kelas yang menggunakan pendekatan SETS dan kelas kelas yang tanpa menggunakan SETS . Adanya perbedaan yang signifikan ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh pendekatan SETS terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...