International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Culture, and Social Humanities
Vol. 1 No. 1 (2023): February : International Journal of Education, Language, Literature, Arts, Cult

Analisis Korelasi Kemampuan Literasi Sains Dengan Pemahaman Konsep Energi Listrik Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika

Neta Dwi Wulandari (Universitas Jember)
Nabila Ayu Rosyidah (Universitas Jember)
Rahmatul Ula Asshaumi (Universitas Jember)
Arifuttajalli Arifuttajalli (Universitas Jember)
Muhammad Khairul Umam (Universitas Jember)
Sudarti Sudarti (Universitas Jember)
Subiki (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis korelasi literasi untuk memahami konsep energi listrik. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jember, lebih khusus pada bidang pengajaran dan pendidikan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa fisika angkatan 2021 dan angkatan 2022. Analisis yang dilakukan dengan uji korelasi untuk mengecek ada tidaknya hubungan antara kedua variabel digunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan saat penelitian adalah teknik acak (Random pengambilan sampel kluster). ) menerima 40 siswa dari kelompok sasaran. Studi sampel dapat dilakukan ketika kondisi subjek homogen dalam populasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar fisika energi listrik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa mengembangkan berpikir kritis penting ketika berusaha meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika, khususnya materi energi listrik itu sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijellacush

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Educational technology,Educational development,Learning and Teaching,Curriculum, Media & Technology Education,Learning Environment,Social Education,Educational Approach,Educational Methods, Education Policy and Development,Education Administration,Educational Assessment and Evaluation,Educational ...