Kegiatan workshop ini dilatarbekangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap karakteristik soal HOTS yang digunakan dalam penilaian pembelajaran. Tujuan kegiatan ini adalah mengembangkan keterampilan dan pemahaman guru terhadap penulisan soal-soal berpikir tingkat tinggi dalam praktik penilaian di sekolah sesuai dengan Kurikulum 2013. Kagiatan ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, hasil pelaksanaan, dan evaluasi program. Kegiatan workshop ini dilaksanakan bertempat di MI Al Hidayat, Bunutwetan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Hasil dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pemahaman guru terhadap keterampilan menulis soal HOTS pada aspek-aspek ini yaitu (1) pemahaman tentang prinsip penilaian, (2) pemahaman tentang indikator dan kata kerja operasional, (3) pemahaman tentang HOTS, (4) pemahaman tentang teknik pengembangan soal, (5) pemahaman tentang instrumen penilaian, (5) pemahaman tentang teknik penskoran. Rata-rata peningkatan pemahaman guru sebesar 24%. Peningkatan ini diketahui dari saat skor pretes sebesar 62% dan ketika dilaksanakan postes skor menjadi 86%.
Copyrights © 2022