Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 1 (2023): Juni

Pengembangan e-modul Cerita Berbasis Aplikasi Mock-up pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar

Albela, Tita Isnina Bekti (Unknown)
Sesanti, Nyamik Rahayu (Unknown)
Setiawan, Dwi Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Kurangnya e-modul cerita pembelajaran Matematika pada materi bangun ruang mengakibatkan pembelajaran kurang menarik perhatian siswa sehingga mempengaruhi pada hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan E-modul Cerita Berbasis Aplikasi Mock-up Pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Untuk mengetahui kepraktisan E-modul Cerita Berbasis Aplikasi Mock-up Pada Materi Bangun ruang di Sekolah Dasar. Untuk mengetahui keefektifan E-modul Cerita Berbasis Aplikasi Mock-up Pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian siswa kelas V di SDN Gadang 1 Kota Malang. E-modul cerita pembelajaran yang akan di uji melalui tahap validasi terlebih dahulu oleh ahli media, materi, bahasa, dan calon pengguna (guru), kemudian di uji coba kepada siswa sekolah dasar. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul cerita pembelajaran berbasis aplikasi mock-up dinyatakan valid oleh para ahli dengan skor rata-rata 90%. Pengguaan e-modul cerita pembelajaran berbasis aplikasi mock-up mendapat respon positif dari guru dan siswa yaitu menunjukkan angka rata-rata 90%. Dengan menggunakan e-modul cerita pembelajaran berbasis aplikasi mock-up tersebut, pemahaman siswa menjadi meningkat dengan nilai rata-rata 84%. Sehingga e-modul cerita pembelajaran berbasis aplikasi mock-up dinyatakan praktis dan efektif dalam pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...