Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 3 No. 2 (2023): Desember

Optimasi Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Melalui Model Problem Based Learning

Lestaria, Sri Indah (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)
Aras, Latri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem-based learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 35 Tajuncu yang masih rendah. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang melibatkan dua siklus dalam implementasinya. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas Va Sekolah Dasar Negeri 35 Tajuncu pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 19 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan format observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I, hasil belajar siswa berada pada kategori kurang, namun pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan sehingga hasil belajar siswa mencapai kategori baik. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem-based learning dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...