Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 3, No 1 (2023): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PEKAMAS) JULI

PENDAMPINGAN GURU SMK PADA IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Muh Shofiyuddin (Unknown)
olyvia revalita candraloka (Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2023

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMK Al-Hidayah Jepara dalam menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan pada program ini adalah pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Mitra pada program ini adalah guru bahasa inggris pada SMK Al-hidayah mayong. Peserta antuasias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Pelatihan yang dilaksanakan berupa pemaparan merdeka belajar, konsep dan tahapan project based learning, desain dan implementasi PjBL dalam kurikulum merdeka belajar. Pada tahap pendampingan, peserta didampingi dalam pembuatan rancangan atau desain pembelajaran PjBL dalam pembelajaran berdiferensiasi, serta praktik mengajar. Evaluasi dilakukan menggunakan Focus Group Discussion dan kueisoner. Sebanyak 75% peserta mampu memahami dan terampil dalam mendesain dan mengimplementasikan model pembelajaran Project based learning. Kata Kunci: kurikulum merdeka belajar, project based learning, proses pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Education Engineering Social Sciences

Description

PEKAMAS merupakan jurnal yang ditujukan untuk diseminasi hasil pengabdian kepada masyarakat dari para dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jurnal PEKAMAS diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Media Kreatif. PEKAMAS menerima ...