Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implikasi konsep ta’lim menurut tafsir al-misbah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis Penelitian Kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan metode Tafsir Maudhu’i (Tematik) yaitu membahas ayat-ayat Al-quran sesuai dengan tema atau judul yang ditetapkan. Terdapat dua jenis data di dalam penelitian ini, yaitu data primer yang berasal dari Mufassir Quraish Shihab dan data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkaitan terhadap tafsir dari ayat-ayat tentang konsep ta’lim. Berdasarkan hasil bacaan dari tafsir al-Misbah dan buku yang berbahas tentang konsep ta’lim disimpulkan bahwa ta’lim mengandung arti proses kegiatan belajar mengajar dengan terdapatnya ada orang yang mengajar dan ada orang yang diajar), yang berarti pula proses pentrasferan ilmu (knowledge) agar peserta didik berilmu. Ta’lim tidak hanya dilaksanakan melalui metode ceramah atau penyampaian dengan retorika, namun juga menggunakan sarana-prasarana dan media agar lebih efektif dalam pencapaian tujuan dari pengajaran. Sedangkan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar, ta’lim berarti harus diawali dari pengenalan nama-nama, fungsi dan kegunaan dari apa yang akan diajarkan kepada peserta didik.
Copyrights © 2022