Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Babakti
Vol 2, No 2 (2022)

IMPLEMENTASI PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL PRODUK BAGI UMKM DI DESA DUKUH

Meiry Akmara Dhina (Universitas Al-Ghifari)
Yoga Ahmad Wardana (Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Silvia Oktapiani Rahmaniah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Hani Fitriani (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Sri Wulan Agustian (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Rohmat Sapaat (Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pangan, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Ryanto Nugraha (Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Syahrulrohid Syahrulrohid ()Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Rifki Mustopa (Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Randi Pradita (Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)
Nazarioda Hakim (Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Al-Ghifari, Kota Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2023

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, para pelaku UMKM diharuskan memahami akan penggunaan teknologi. Dengan menggunakan teknologi yang canggih akan mempermudah jalannya usaha, seperti pemasaran digital yang merupakan salah satu bantuk pemanfaatan teknologi informasi. Pemasaran digital dapat bekerja dengan menggunakan media elektronik seperti iklan di televisi atau radio, dapat juga menggunakan media berbasis internet seperti pemasaran melalui media sosial atau e-commerce. Strategi pemasaran secara online dianggap lebih mempermudah proses jual beli, pemasaran secara online juga dapat lebih efektif untuk menjangkau lebih luas para pembeli. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami menggunakan metode survey. Menurut M. Nazir (2005), penelitian survei adalah penyelidikan yang dilakukan untuk mendapatkan fakta-fakta dari gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual baik tentang institusi sosial, ekonomi atau politik dari suatu kelompok atau suatu individu. Metode survey dipilih untuk mengetahui keberadaan suatu desa dengan berbagai potensi dan permasalahan yang ada serta pengaruh daya tarik produksi dan nilai jual terhadap keputusan konsumen. Pelatihan digital marketing merupakan bentuk pengabdian yang tepat untuk dilaksanakan kepada para pelaku usaha rumahan dan UMKMyang ada di Desa Dukuh. Dengan pemaparan teori, diskusi dan praktek akan menghasilkan output yang baik. Sehingga dari kegiatan tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal seperti meningkatnya penjualan karena konsumen melihat promosi yang dilakukan di media sosial yaitu instagram. Kedepannya, untuk kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dilanjutkan dengan berbagai macam kegiatan dan bidang yang lebih baik, terutama yang berdampak pada sosial ekonomi masyarakat yang sudah ada potensi kemudian dikembangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

babakti

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Physics Public Health Social Sciences Transportation Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) BABAKTI merupakan jurnal yang mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk hasil penelitian, konsep, model maupun implementasinya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) BABAKTI diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan ...