Angka obesitas pada anak sekolah meningkat setiap tahunnya hampir di seluruh negara. Pencegahan semenjak dini diperlukan untuk membantu mengurangi angka peningkatan berat badan yaitu salah satunya melakukan deteksi dini obesitas melalui pengukuran status nutrisi siswa yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah. Namun belum banyak guru yang mengetahui bagaimana mengukur status nutrisi anak. Sasaran dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengukur status nutrisi siswa. Pelatihan ini dibantu menggunakan buku panduan penilaian status gizi siswa yang telah dikembangkan sebelumnya. Guru berdiskusi secara berkelompok dengan menggunakan buku panduan lalu dilakukan demonstrasi. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan keterampilan dalam mengukur status nutrisi siswa. Berdasarkan pengabdian pada masyarakat ini diharapkan agar usaha yang dilakukan dalam pencegahan ketidaknormalan status gizi siswa mengikutsertakan pihak sekolah.
Copyrights © 2021