Cendikia Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TKKH DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DI SKH NEGERI 02 KOTA SERANG

Siti Nurhaliza (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Agis Nurjuliani (Salsabila Septiani)
Salsabila Septiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nurul Aulia Putri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Eliza Septi Anugrah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ririn Purnamasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Dzikra Ayu Adzkiya (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Selvia Aprianti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Restu Rahmanita Sekaring (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sahdi Sahdi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2023

Abstract

Layanan pendidikan pada anak perlu disesuaikan dengan kondisi kebutuhan setiap siswa agar tujuan pendidikan bisa terpenuhi secara maksimal. Karena pada setiap tingkat satuan pendidikan memiliki fase perkembangan yang berbeda, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA. Pengajaran harus meberikan semangat dan motivasi bagi anak terutama siswa TKKh agar dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan memotivasi siswa untuk belajar melalui upaya penerapan metode pembelajaran role playing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar dan pemahaman siswa melalui teknik bermain peran. Role Playing merupakan metode penguasaan materi pembelajaran dengan mengembangkan fantasi dan pendalaman peserta didik dengan berperan sebagai tokoh hidup atau benda mati. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus, menggunakan instrumen berupa tes dan lembar observasi siswa, serta lembar angket. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa kelas TKKh B Berdasarkan hasil penelitian 3 dari 4 siswa menunjukan peningkatan semangat belajar dan fokus dalam menjalankan proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi penggunaan metode role playing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik TKKh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...