Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan metode sensus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII dan guru yang mengajar di kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi dengan instrument kuisioner untuk kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari kuisioner yang telah disebar didapatkan niliai thitung sebesar -0,676 < 1,708 (ttabel untuk df = 25) dengan nilai signifikansi 0,515 > 0,05 sehingga disimpulakn tidak ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun ajaran 2020/2021.
Copyrights © 2022