Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Vol 10 No 1 (2022): Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan

PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs ZAINUL HASAN LENDANG NANGKA TA. 2020/2021

Irhas (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatl Ulama Al Mahsuni)
As'Ad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan metode sensus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII dan guru yang mengajar di kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi dengan instrument kuisioner untuk kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari kuisioner yang telah disebar didapatkan niliai thitung sebesar -0,676 < 1,708 (ttabel untuk df = 25) dengan nilai signifikansi 0,515 > 0,05 sehingga disimpulakn tidak ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

almahsuni

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Al-Mahsuni merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Mahusni Lombok Timur yang memuat tentang studi islam dan ilmu pendidikan. Jurnal Al Mahsuni betujuan untuk mempublikasikan tulisan ilmiah dari berbagai sumber mulai dari mahasiswa, dosen dan ...