Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas III SD Menggunakan Model Discovery Learning dengan Media Konkret

Zaiful Hidayat (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan langkah-langkah model discovery learning dengan media konkret; meningkatkan hasil belajar matematika; serta mendeskripsikan kendala dan solusi selama pembelajaran di kelas III SD Negeri Bendogarap. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data yang digunakan ialah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi/pengamatan, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terdapat enam langkah penerapan model discovery learning berbantuan media konkret yakni (a) stimulasi dengan media konkret, (b) identifikasi masalah, (c) pengumpulan data dengan media konkret, (d) pengolahan data, (e) pembuktian dengan media konkret, (f) penarikan kesimpulan. Hasil observasi terhadap guru pada siklus I = 81,83%, siklus II = 87,15%, dan siklus III = 92,82%; hasil observasi terhadap siswa pada siklus I = 81,13%, siklus II = 86,46%, dan siklus III = 91,20%. Hasil belajar matematika pada siklus I = 73,08%, siklus II = 84,62%, dan siklus III = 92,31%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri Bendogarap tahun ajaran 2022/2023. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...