Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Kreativitas dan Kerja Sama dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Project Based Learning

Ulfah Fauziah (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar memberi kesempatan siswa untuk berpikir kritis, melakukan kerja sama dan berkolaborasi, berkreasi dengan kreativitasnya pada pemahaman konsep mengenai ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning serta untuk meningkatkan kreativitas dan kerja sama siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari. Data yang digunakan berupa kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian produk kreatif, observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan model PjBL dapat meningkatkan kreativitas dan kerja sama siswa. Hasil kreativitas siswa siklus I sebesar 76,32%, siklus II sebesar 85,04%, dan siklus III sebesar 87,26%. Hasil kerja sama siswa siklus I sebesar 75,82%, siklus II sebesar 83,72%, dan siklus III sebesar 88,32%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan kerja sama dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun ajaran 2022/2023. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...