Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP tentang Karya Seni Rupa Daerah pada Siswa Kelas V SD

Qori Septiani (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model kooperatif tipe STAD; (2) meningkatkan hasil belajar SBdP tentang karya seni rupa daerah pada siswa kelas V; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 5 Kebumen. Data yang digunakan yakni data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: (1) langkah model kooperatif tipe STAD, yaitu menyajikan materi, membentuk kelompok, diskusi kelompok, membimbing kelompok, evaluasi, memberikan penghargaan, dan kesimpulan; (2) hasil belajar siswa meningkat, yaitu siklus I = 72,92%, siklus II = 89,58%, dan siklus III = 95,83%; (3) kendala yang ditemui yaitu siswa kurang memperhatikan penjelasan materi dan pengerjaan kuis, kurang aktif dalam diskusi kelompok. Hal ini disimpulkan bahwa model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar SBdP tentang karya seni rupa daerah pada siswa kelas V SDN 5 Kebumen tahun ajaran 2022/2023. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...