Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 1: Juni 2022

Strategi Blended Learning Dalam Pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tombariri Kabupaten Minahasa

Nancy E. Polak (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Manajemen Pendidikan Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)
Erwin Sianturi (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Musik Gereja, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)
Veren V. Horimu (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)
Grace N. Birahim (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)
Michael F. Polii (Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen, Pendidikan Agama Kristen, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Minahasa)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Strategi Blended Learning di masa pandemik covid-19 di SMP Negeri 1 Tombariri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil analisis dan interpretasi data diperoleh bahwa: (1) Peneliti menemukan bahwa Strategi Blended Learning dalam pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tombariri, yaitu : Dalam perencanaan pelaksanaan Blended Learning di SMP Negeri 1 Tombariri sesuai dengan tahapan pelaksanaan Blended Learning yaitu pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP, dan jadwal pembelajaran baik online maupun offline. Guru juga sudah menyiapkan terlebih dahulu media pembelajaran seperti, video pembelajaran, link pembelajaran dll. Dan materi pembelajaran sudah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan siswa dimasa pandemik saat ini. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan Blended Learning di SMP Negeri 1 Tombariri, yaitu : tidak semua siswa mempunyai fasilitas dalam pembelajaran online, jaringan yang kurang baik dan kurangnya kehadiran siswa dalam pembelajaran online maupun offline, sehingga ini menjadi faktor penghambat yang menonjol dalam pelaksanaan Blended Learning dan mengakibatkan kesulitan bagi guru dalam penyusunan penilaian. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk guru PAK agar terus mengasah kompetensi juga untuk berinovasi dan kreatif dalam pembelajaran PAK meskipun dalam masa pandemic sekarang ini. Orang tua juga harus terus melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pendidikan anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai ...