INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 1 (2023): MARET 2023

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KERJA KELOMPOK YANG BERMAKNA

andi adam (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurmidayanti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nur Indah Sari (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nurhikmah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rexy Fernanda (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Penggunaan metode kerja kelompok yang bermakna untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pemgetahuan Alam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas  belajar siswa  di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Sambung Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan pengamatan ( observasi ) awal peneliti hanya 38,15% aktivitas belajar siswa yang memiliki Subjek penelitian ini adalah 20 orang peserta didik. Selama penerapan Penelitian Tindakaan kelas (PTK) persentase tersebut meningkat menjadi 61,14 % pada siklus pertama (I), kemudian menjadi 86,00% pada siklus kedua (II). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok yang bermakna dapat meningkatkan aktivitas  belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...