INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 2 (2023): JUNI 2023

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

Goffar Ar Rozzaq (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Sofin Musthafa Ahmad Shabir (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Muhammad Ubaydillah Syach (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Moh. Zakki Susanto (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Annisa Dwi Rahmawati (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Ava Vahdiana Zahra (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Dwi Cahya Putri Ningrum (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar memiliki kesulitan belajar yang berbeda bagi setiap siswa. Maka dari itu penelitian ini bertujuan dalam rangka memberikan bimbingan belajar yang tepat kepada setiap siswa, para pendidik perlu memahami masalah-masalah yang berhubungan dengan kesulitan belajar seperti lambat dalam berpikir, mudah bosan, kurangnya motivasi belajar, tidak mau berusaha dalam mencari jawaban, tidak teliti dalam mengerjakan soal dan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di tempat peneliti masing-masing. Waktu penelitian dilaksanakan oleh peneliti dalam kurun waktu tiga bulan. Data diperoleh dengan cara tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini yaitu tujuh siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap siswa memiliki kesulitan belajar yang berbeda-beda dan disebabkan beberapa faktor, bisa dari faktor internal dan faktor eksternal dari siswa. Faktor internal sendiri berasal dari dalam diri siswa, seperti kurang minat dalam belajar, cepat bosan, dan tidak memiliki tujuan belajar. Kemudian faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sehingga dengan adanya hal tersebut siswa bisa mendapatkan cara yang cocok untuk dirinya dalam belajar dan siswa dapat memaksimalkan dalam menerima sebuah pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...