Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Vol 5, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Pratiwi, Devi (Unknown)
Sa’adah, Alya Nur (Unknown)
Wulantina, Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Rendahnya minat belajar dan  hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain bahan ajar yang kurang menarik, siswa sulit memahami materi, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa SMP Islam Miftahul Jannah, diperlukan bahan ajar matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian  ini adalah  mengembangkan bahan ajar berupa e-modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penilaian oleh ahli matematika mendapat persentase 77,27% dengan kriteria “layak”, validasi ahli materi agama Islam mendapat persentase 87,5% dengan kriteria “sangat layak”, validasi ahli media mendapat persentase 88,69%. dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon siswa mendapat persentase 89,67% dengan kriteria sangat menarik, sedangkan hasil evaluasi siswa masuk kategori “baik” dengan persentase 77,78%.Kata kunci: E-modul matematika, Nilai-nilai Keislaman, Pendidikan Matematika Realistik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPVTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional (JPTIV), or in English: Journal of Education of Information Technology and Vocational, is a scientific publication media for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to the issues around information ...