Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 12 (2023): Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia

Analisis permintaan dan penawaran barang pokok dan non pokok

Suci Frisnoiry (Universitas Negeri Medan)
Tricinta Yospin Wina Harianja (Universitas Negeri Medan)
Sriantika Simanullang (Universitas Negeri Medan)
Widya Riatama Pandiangan (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat membutuhkan barang untuk memenuhi kebutuhan masing-masing baik barang pokok maupun non pokok. Masyarakat sebagai pembeli harus dapat menyesuaikan permintaan begitu juga masyarakat sebagai penjual harus dapat menyesuaikan penawaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis permintaan dan penawaran barang pokok dan non pokok di warung Gang Simalungun yang dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu harga barang, Kualitas Barang, Kebutuhan Sekitar. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif. Adapun teknik mengumpulkan data secara langsung wawancara kepada pemilik Warung tentang permintaan dan penawaran barang pokok dan non-pokok serta faktor yang mempengaruhinya. Hasil penelitian ini semakin tinggi harga barang maka semakin meningkat penawaran dan semakin menurun permintaan. Semakin rendah harga barang maka semakin menurun penawaran dan semakin meningkat permintaan. Dapat disimpulkan Hukum permintaan adalah makin rendah harga barang maka makin banyak permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya, makin tinggi harga suatu barang maka makin sedikit permintaan barang tersebut. Dan Hukum penawaran adalah makin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga sesuatu barang semakin sedikit jumlah barang tersebut ditawarkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nautical

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Engineering

Description

1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. technology 9. HR Development 10. Design and media ...