Indonesian Technology and Education Journal
Volume 1 No. 1 Februari 2023

Persepsi Mahasiswa Terhadap Learning Management System Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Universitas Negeri Makassar

Hartini Ramli (Unknown)
Murniati (Unknown)
Nur Inayah Idil (Unknown)
Noer’ Ain (Unknown)
Putri Nanda Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Era revolusi industri 4.0 adalah era dimana hampir seluruh hal dikendalikan oleh teknologi termasuk pada ranah pendidikan. Dampak era revolusi industri 4.0 pada ranah pendidikan merupakan bukti semakin banyaknya media pembelajaran berbasis teknologi yang memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi bahkan tanpa bertatap muka. Media pembelajaran berbasis teknologi ini memudahkan proses pembelajaran menurut segi efektivitas & efisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi belajar mahasiswa dalam penerapan e-learning seperti Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajarannya. Jenis penelitan yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kuisioner atau angket melalui google form. Berdasarkan pada analisis data angket yang diperoleh terhadap 117 mahasiswa dari 27 jurusan menunjukkan bahwa penggunaan LMS mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam meningkatkan motivasi belajar berjalan “netral”. Dimana mahasiswa merasa e-learning dapat meningkatkan motivasi dan dorongan dalam belajar mahasiswa di kondisi tertentu, namun juga dapat berdampak sebaliknya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ITEJ

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

This journal publishes research articles on various innovations in education and technology that are interesting and have an impact on the development of education and technology. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to technology development ...