Pedagogi Hayati
Vol 6 No 1 (2022): Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi

Pengembangan E-Modul Terintegrasi Informasi COVID-19 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi

Alif Yanuar Zukmadini (Unknown)
Neni Murniati (Unknown)
Bhakti Karyadi (Unknown)
Irwandi Ansori (Unknown)
Syaiful Rochman (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa. kelas. Bahan ajar yang baik memuat materi yang kontekstual dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul terintegrasi informasi COVID-19 yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah R&D menggunakan model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase kevalidan e-modul dari ahli bahan ajar sebesar 95,60% (sangat valid), ahli materi sebesar 96,57% (sangat valid), dan Praktisi (guru) sebesar 96,05% (sangat valid). Adapun persentase kepraktisan e-modul sebesar 87,5% (sangat praktis). Hasil N-Gain pada uji coba skala terbatas memiliki nilai 0,34 (sedang), sedangkan pada uji coba skala luas, nilai N-Gain kelompok kontrol sebesar 0,26 (rendah) dan nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,53 (sedang). Nilai signifikansi N-Gain yang diperoleh dari uji independent sample t saat uji coba skala yaitu < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah E-modul terintegrasi informasi COVID-19 adalah bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi virus di kelas X SMA. Kata Kunci: E-Modul, Bahan Ajar COVID-19, Virus, Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogihayati

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi Hayati: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Pedagogi Hayati mempublikasikan artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pendidikan biologi: pembelajaran, ...