Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 1 No 2 (2021)

Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Tenggarong

Dhiya Hawra (Universitas Mulawarman)
Muhamad Sopyan (Universitas Mulawarman)
Siti Marfuah (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta seberapa besar signifikansi pengaruh media pembelajaran prezi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Tenggarong. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian pyang digunakan posttest – only control design. Sampel yang di gunakan terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIA 5) dan kelas kontrol (XI MIA 6). Pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi sederhana dengan bantuan software PSPP GNU PROJECT for windows Hasil penelitian uji Independent Sampel T Test yang dilakukan di peroleh uji thitung = 4,57 > ttabel = 2,04 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh antara media pembelajaran prezi terhadap minat belajar siswa, kemudian, besarnya koefisien korelasi variabel X dan Y pada kelas eksperimen adalah 0,78 sehingga di kategorikan tingkat korelasi kuat yaitu pada rentang 0,6 – 0,799. Dengan perbandingan koefisien determinan sebesar 61%. Hal ini membuktikan bahwa siswa perlu media pembelajaran yang lebih menarik kreatif dan inovatif dan media pembelajaran prezi dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

langgong

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Langgong: Jurnal llmu Sosial dan Humaniora published by the Department of Social Studies Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, published twice a year, March and September. It contains articles of research or study of literature in the field of Social and ...