cover
Contact Name
Muhammad Azmi
Contact Email
azmi@fkip.unmul.ac.id
Phone
+6282110908360
Journal Mail Official
langgongjurnal@gmail.com
Editorial Address
JL. Banggeris No. 89, Samarinda
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 2827881X     DOI : https://doi.org/10.30872/langgong
Langgong: Jurnal llmu Sosial dan Humaniora published by the Department of Social Studies Education, the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Mulawarman, published twice a year, March and September. It contains articles of research or study of literature in the field of Social and Humaniora. Articles are written in Indonesia or English.
Articles 32 Documents
Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Negeri Karang Jaya Riska Ariyati; Isbandiyah Isbandiyah; Agus Susilo
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i1.489

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model Time Token terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Karang Jaya. Jenis pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Jenis Instrumen Penelitian yang akan digunakan adalah yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 24. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 16. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 188. Sampel yang diambil dalam penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 30 dan VIII-C dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan mengunakan model Time Token pada materi pembelajaran Latar Belakang Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat Ke Indonesia dan kelas Kontrol diberiakan pembelajaran mengunakan metode konvesional . Dari hasil analisis data tes akhir di peroleh nilai sig = 0,008. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, 0,008 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model Time Token dan metode Konvensional pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Karang Jaya.
Pemanfaatan Google Classroom Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Berau Muhammad Aldo Al Adzan; Muhammad Azmi; Ummi Hafilda Hakim
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i1.530

Abstract

Pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 SMAN 2 Berau, pokok permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, proses dan evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran sejarah menggunakan google classroom. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah menggunakan google classroom di kelas X IPS 1, untuk mengetahui proses pembelajaran sejarah menggunakan google classroom di kelas X IPS 1, serta untuk mengetahui evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan google classroom di kelas X IPS 1. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Berau Jl. Marsma Iswahyudi, Km.08 Kelurahan Rinding, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan pada teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan google classroom dalam pembelajaran sejarah di kelas X IPS 1 dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran di kelas saat ini. Pada perencanaan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam proses pembelajaran guru memberikan absen, materi berupa video pembelajaran dan tugas kepada siswa. Selanjutnya pada evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup baik, guru melakukan penilaian melalui tugas, keaktifan siswa seperti melalui absen, bertanya, serta dari sikap siswa saat pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam proses pembelajaran guru memberikan absen kepada siswa sebelum pelajaran dimulai, kemudian guru memberikan materi berupa video pembelajaran dan siswa mengamati atau menyimak video pelajaran yang diberikan oleh guru, setelah pelajaran selesai guru memberikan tugas harian kepada siswa. Selanjutnya pada evaluasi pembelajaran guru melakukan penilaian dari keaktifan siswa, sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran dan tugas-tugas yang diberikan. Pemanfaatan google classroom efektif digunakan pada pembelajaran sejarah saat ini, meskipun ada terdapat kendala yang dihadapi seperti gangguan pada jaringan, mati lampu, aplikasinya eror sehingga siswa mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran.
LATAR ALAM GEOMORFOLOGIS PERISTIWA PERANG GERILYA JENDERAL BESAR SUDIRMAN (1948-1949) Yulian Saputra; Muhammad Azmi
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i1.531

Abstract

This study describes the geomorphological natural setting that became the guerrilla event of General Sudirman through literature studies, concepts, theories, and relevant previous research results. The study area of this research covers the central and southern zones of Java Island. The research analysis used descriptive analysis with the help of satellite image interpretation. This study indicates that the guerrilla route covers a geomorphological area that stretches across three provinces in Java Island. The geomorphological background is the karst landscape of Gunung Kidul and the volcanic slopes of Mount Wilis.
Islamisasi di Bumi Etam: Transformasi Politik, Agama dan Budaya Masyarakat Kutai Muhammad Azmi
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i2.539

Abstract

Islam masuk ke Bumi Etam dibawa oleh para mubaligh dari Makassar. Tulisan ini merupakan kajian literatur terhadap beberapa penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa islam memberikan kontribusi dalam transformasi di bidang politik, agama dan budaya pada masyarakat Kutai. Transformasi tersebut dapat dilihat pada penggantian istilah raja menjadi Sultan sebagaimana termaktub dalam Salasilah Kutai. Di bidang agama, transformasi terlihat pada penggunaan hukum syariat Islam sebagai dasar hukum Kesultanan Kutai sebagaimana termaktub dalam Undang-undang Beraja Niti dan Panji Selaten. Adapun transformasi bidang budaya terlihat pada pelaksanaan Upacara Erau yang sudah disesuaikan dengan syariat Islam.
ANALISIS PERANAN SUNAN GIRI DALAM PROSES ISLAMISASI DI JAWA BERDASARKAN FUNGSI AGIL I Putu Adi Saputra; Lianda Dewi Sartika
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i1.674

Abstract

Setelah keruntuhan Majapahit pada abad XV, agama Islam kemudian berkembang sangat pesat seiring dengan meluasnya pengaruh kerajaan Demak yang berbasis Islam di pulau Jawa. Proses Islamisasi di pulau Jawa dilakukan oleh para wali yang dikenal dengan sebutan Wali Songo. Salah satu dari Wali Songo itu adalah Sunan Giri yang memegang peranan penting dalam proses Islamisasi tersebut. Indonesia, khususnya pulau Jawa yang sebelumnya kental akan budaya dan agama Hindu-Buddha kemudian dapat beralih menjadi penganut Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses Islamisasi yang dilakukan oleh Sunan Giri di pulau Jawa berdasarkan fungsi AGIL dalam teori fungsionalisme struktural Talcott Parson. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif deskriptif melalui studi kepustakaan.
Migrasi Suku Dayak Kenyah Lepok K’e dari Long Lat ke Long Loreh (1972-1979) Christina Dan; Wingkolatin Wingkolatin; Muhammad Azmi
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 1 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i1.1296

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada perpindahan masyarakat Suku Dayak Kenyah Lepok K’e dari Long Lat ke Long Loreh pada tahun 1972-1979. Penelitian ini menggunakan metode historis dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Latar belakang migrasi dikarenakan jarak yang terlalu jauh dari perkotaan, masalah pendidikan, kesehatan, mata pencaharian dan sumber pendapatan. Proses migrasi dari Long Lat ke long Loreh memakan waktu selama 1-2 bulan dengan mengikuti perahu melalui sungai sampai ke laut. Dampak migrasi dapat dilihat dari adanya peningkatan fasilitas kesehatan, pendidikan, mata pencaharian dan perkembangan budaya.
Sejarah Pemekaran Kabupaten Malinau (1999-2006) Datuk Divan Iqbal Viranda; Muhammad Azmi; Muhamad Sopyan
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i2.1423

Abstract

Malinau Regency was originally one of the sub-districts in Bulungan Regency, on October 12, 1999 there was a regional division where Malinau was separated from Bulungan Regency to become its own regency. The purpose of this study was to find out the background of the division and how the development of Malinau District after the division occurred from 1999 to 2006. This type of research is a historical research with a four-stage historical method which includes heuristics, criticism, interpretation, and historiography. The results showed that the background of the division of Malinau into a district was a decision taken by the Regional Government of Bulungan Regency which at that time was led by Regent R.A. Besing. On the grounds that the area of ​​Bulungan Regency at that time, if not divided, would experience a gap because it had a very large area at that time, it was necessary for him to split this area into 3 regencies, namely Bulungan Regency itself, Malinau Regency, and Nunukan Regency. After the division took place, it certainly had an impact on the people of Malinau, both in terms of economy, education, and health. From the economic aspect itself, it has increased from 2006 to Rp. 554.07 billion. Then in the same year, the education sector also experienced an increase which reached 113 school buildings, as well as for the health aspect it had reached 121 units of health facilities including hospitals, posyandu, and posyandu assistants in 2006
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Program Magang dan Aplikasinya dalam Pendidikan Sejarah Rizal Izmi Kusumawijaya; Ismi Novianti; Tubagus Umar Syarif Hadi Wibowo
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 2 No 1 (2022)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v2i1.1613

Abstract

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka bertujuan menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, ekonomi, dan kemajuan teknologi di masa depan. Program-program MBKM diharapkan dapat memberi pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa. Melalui program magang, mahasiswa akan merasakan pengalaman belajar di dunia kerja dan lebih matang mempersiapkan karir. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, studi literature dilakukan dengan menelaah sumber pustaka dan analisis fenomena terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa program magang mampu meningkatkan soft skills dan hard skills mahasiswa dengan pemecahan masalah di lapangan, menambah jejaring pertemanan dan meng-update pembelajaran di perguruan tinggi. Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Untirta terdapat mata kuliah Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan yang mendorong mahasiswa untuk magang sebagai educator di Museum Kebangkitan Nasional, dengan hal tersebut mahasiswa belajar langsung memandu pengunjung dan mendalami sejarah kebangkitan Indonesia.
MIGRASI SUKU DAYAK UMA BAHA DARI BATU MAJANG KE LONG BELIU KABUPATEN BERAU (2000-2005) Marsi Dau Lewi; Jamil Jamil; Muhammad Azmi
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i2.1640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah migrasi Suku Dayak Uma Baha dari Batu Majang ke Long Beliu Kabupaten Berau 2000-2005 menggunakan metode sejarah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa alasan terjadinya migrasi, yaitu adanya permasalahan lahan yang berujung konflik antar suku di daerah asal dan fasilitas umum yang kurang memadai. Proses migrasi terbagi dalam 5 tahap selama 1999-2005. Adapaun dampak dari migrasi tersebut dapat dilihat dalam perubahan di bidang sosial, ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan.
Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Tenggarong Dhiya Hawra; Muhamad Sopyan; Siti Marfuah
Langgong: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora Vol 1 No 2 (2021)
Publisher : Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/langgong.v1i2.1641

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta seberapa besar signifikansi pengaruh media pembelajaran prezi terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Tenggarong. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian pyang digunakan posttest – only control design. Sampel yang di gunakan terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIA 5) dan kelas kontrol (XI MIA 6). Pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi sederhana dengan bantuan software PSPP GNU PROJECT for windows Hasil penelitian uji Independent Sampel T Test yang dilakukan di peroleh uji thitung = 4,57 > ttabel = 2,04 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh antara media pembelajaran prezi terhadap minat belajar siswa, kemudian, besarnya koefisien korelasi variabel X dan Y pada kelas eksperimen adalah 0,78 sehingga di kategorikan tingkat korelasi kuat yaitu pada rentang 0,6 – 0,799. Dengan perbandingan koefisien determinan sebesar 61%. Hal ini membuktikan bahwa siswa perlu media pembelajaran yang lebih menarik kreatif dan inovatif dan media pembelajaran prezi dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas.

Page 1 of 4 | Total Record : 32