Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan
Vol. 1 No. 2 (2023)

Pengembangan Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan Menghitung Biji Congklak pada Anak Usia Dini

Hasanah, Lailatun (Unknown)
Daulay, Musnar Indra (Unknown)
Amalia, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif  anak melalui media biji congklak di Kelompok Bermain Ananda Desa Beringin Makmur Kec.Kerumutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek tindakan penelitian ini adalah kelompok Anak Bermain Ananda yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi hasil karya anak dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis dengan teknik komparatif/ perbandingan yaitu membandingkan hasil yang dicapai anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kogmitif anak melalui kegiatan media biji congklak  pada setiap siklusnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain melaui media biji congklak dapat meningkatkan kognitif anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan ISSN : 3025-6461 (media online) mempublikasikaan artikel ilmiah dari hasil penelitian dengan metode Penelitian Tindakan Kelas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah ...