Globalisasi adalah suatu proses dimana perubahan tatanan sosial di masyarakat terjadi di seluruh dunia dan tidak mengenal adanya batas waktu, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi bukti dari globalisasi. Pesatnya perkembangan tersebut juga dipengaruhi oleh pendidikan, yang mana pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar dan belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia dan keterampilan. Tujuan kegiatan penelitian ini adalah mengkaji efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Materi Massa Jenis kepada siswa sekolah menengah pertama. Dasar metode penelitian ini adalah metode service learning (SL). Hasil kegiatan penelitian ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar literasi sains sebelum dan sesudah adanya perlakuan, rata-rata hasil belajar literasi sesudah perlakuan lebih tinggi dibandingkan sebelum diberi perlakuan. Nilai Sig. (2-tailed) 0,000 , 0,05, maka dapat dijelaskan terdapat perbedaan yang signifikan dari sebelum diberi perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (Postest). Nilai rata-rata N-gain Score 0,7940 > 0,7 artinya kategori yang diperoleh adalah tingkat efektivitasnya tinggi. Sedangkan nuntuk nilai N-gain diperoleh nilai sebesar 79,40% sehingga dapat dikatakan bahwa Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Literasi Sains Pada Pokok Bahasan Materi Massa Jenis efektif.
Copyrights © 2023