Pendidikan karakter menjadi perhatian utama saat ini karena rendahnya karakter siswa. Pendidika karakter secara umum telah dilaksanakan diberbagai sekolah karena telah ada dalam kurikulum. Namun evaluasi terhadap pendidikan karakter masih sangat terbatas karena keterbatasan alat evaluasi. Tujuan penulisan artikel ini adalah mengkaji pelaksanan evaluasi pendidikan karakter di MTs Darul Amin Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa di MTs Darul Amin Palangka Raya. Hasil dari penelitian yang diperolah adalah bahwa penerapan pendidikan karakter di MTs Darul Amin termuat dalam semua mata pelajaran yang ada baik dari ranah metode maupun strategi pembelajaran. Pendidikan karakter juga dilakukan melalui pembiasaan tingkah laku oleh semua warga sekolah. Pendidikan karakter diterapkan melalui bentuk pembiasaan-pembiasaan dan keteladanan nilai karakter jujur, religius, disiplin, toleran, kreatif, bekerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, demokratis, cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, cinta damai, komunikatif, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan rasa tanggungjawab. Namun pelaksanaan evaluasi tentang pendidikan karakter yang telah dilakukan masih sangat terbatas. Evaluasi karakter hanya melalui observasi oleh guru kelas dan mata pelajaran yang belum dilakukan secara tertulis. Hal ini membuat pendidikan karakter belum dapat dievaluasi pengaruhnya terhadap karakter siswa. Penelitian ini merekomendasikan untuk membuat alat evaluasi karakter yang dapat digunakan guru sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024