Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan komik yang valid untuk digunakan dalam membantu proses kegiatan pembelajaran oleh guru kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD ( Research and Development) dengan pendekatan metode campuran (mixed methode) dan menggunakan model ADDIE, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 53 Sungai Raya dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang, validator ahli sebanyak 3 orang yang memvalidasi 3 aspek yaitu aspek desain, bahasa, dan materi. Teknik pengumpulan data menggunkan anget validasi. Validasi oleh vallidator 1 menghasilkan skor 114 dengan presentas3 95%, validator 2 menghasilkan skor 120 dengan presentase 100%, dan validator 3 menghasilkan skor 100 dengan presentase 83%. Total skor keseluruhan 334 dan memperoleh skor rata-rata sebesar 93% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa komik pendidikan Pancasila pada materi bentuk-bentuk keragaman di Indonesia dari aspek desain, bahasa, dan materi pada kelas V SD Negeri 53 Sungai Raya valid digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024