Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

REVOLUSI MENTAL 4.0: TRANSFORMASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA MENUJU KESEJAHTERAAN ORGANISASIONAL DALAM LINGKUP DUNIA PENDIDIKAN

Joulanda Altje Meiske Rawis (Universitas Negeri Manado)
Jenny Nancy Kaligis (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini menggali dampak implementasi Revolusi Mental 4.0 dalam konteks pendidikan, dengan fokus pada transformasi manajemen sumber daya manusia (SDM) dan dampaknya terhadap kesejahteraan organisasional. Revolusi Mental 4.0 menciptakan paradigma baru dalam pengelolaan SDM dengan memanfaatkan teknologi informasi, kecerdasan buatan, dan elemen-elemen inovatif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan SDM yang unggul, inovatif, dan kreatif dalam organisasi dan sektor pendidikan. Riset ini juga bertujuan ingin memperkuat solusi dalam menjawab masalah-masalah dalam dunia pendidikan 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian literatur review. Untuk mendukung penelitian ini, sumber data sekunder digunakan, yaitu artikel jurnal dan buku review. Semua sumber data ini sesuai dengan tujuan atau kerelevanan penelitian. Hasil penelitian ini membuat konsep perencanaan berupa solusi-solusi dalam menghadapi transformasi manajemen sumber daya manusia dalam lingkup organisasi pendidikan yaitu dengan sebuah perencanaan kinerja yang terstruktur dengan berintegrasi dengan sumber daya manusia di era pembelajaran metaverse sehingga bisa mencapai tujuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...