Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 3 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2023

Pengembangan Aplikasi MAREN (Mari Rangkum Cerpen) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Disabilitas di Tingkat SMK

Ega Damayanti (Universitas Negeri Surabaya)
Anas Ahmadi (Universitas Negeri Surabaya)
Yuniseffendri Yuniseffendri (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa disabilitas dalam pembelajaran sastra teks cerpen melalui aplikasi MAREN (Mari Rangkum Cerpen). Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi MAREN ini adalah RnD dengan model ADDIE.  Lokasi penelitian bertempat di SMK Dharma Wanita Gresik, subyek penelitian ini yaitu siswa penyandang disabilitas kelas XI. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa disabilitas dalam kategori baik dengan rata-rata 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi MAREN (Mari Rangkum Cerpen) layak untuk diimplementasikan dan mampu meningkatkan motivasi siswa penyandang disabilitas dalam belajar sastra teks cerpen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...