JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 3 No. 1 (2023): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Edisi Januari - Juni 2023

Pengaruh Model Pembelajaran STEM-PJBL terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri di Era Pandemi pada Materi Hidrosfer

Cici Meisi Karlina (Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Sebelas Maret)
Endang Susilowati (Dosen Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Sebelas Maret)
Isma Aziz Fakhrudin (Dosen Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM-PJBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri di era pandemi pada materi hidrosfer. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri pada tahun pelajaran 2021/ 2022. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan pretest dan posttest uraian tentang hidrosfer. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menggunakan uji-t dengan bantuan software SPSS 23 didapatkan hasil nilai thitung > ttabel sebesar 15,224 > 2,045 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang sering muncul sebelum diberikan perlakukan berada pada aspek flexibility (keluwesan) sebesar 57% dan setelah perlakukan berada pada aspek originality (berpikir rasional) sebesar 73%. Simpulan yang didapatkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STEM-PJBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Slogohimo Wonogiri di era pandemi pada materi hidrosfer.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...